home

Waspadai Gejala Sipilis pada wanita

Gejala sipilis pada wanita – Sipilis berupakan salah satu dari sekian banyak penyakit menular seksual (PMS), yang pada umumnya disebarkan oleh kontak seksual, yang berarti bukan saja melalui hubungan intim, namun juga melalui ciuman, penggunaan vibrator, ataupun kontak oral-genital. Sedangkan penyebab utama dari penyakit ini sendiri adalah sebuah mikrobakteri bernama spirocete (Ureponema pallidum). Bakteri ini berbentuk spiral, semisal cacing, masuk melalui lapisan mukosa yang ada di mulut ataupun kelamin.

Melihat sipilis merupakan penyakit menular seksual yang berbahaya, perkembangan dan penyebarannya bisa sangat pesat. Itu megapa, penyakit ini bisa bertahan dan sulit diberantas selama berabad-abad lamanya. Terlebih di zaman sekarang yang notabene hubungan semakin bebas. Biasanya para wanita yang menjadi korban para pria yang sebelumnya sudah terinfeksi, dikarenakan mereka yang sering melakukan tindakan yang salah di luar rumah atau memang karena ketidaktahuan dalam penggunaan kondom atau alat-alat pelindung selainnya.

Oleh sebab itu, penyuluhan terhadap penyakit kelamin ini sangat dibutuhkan, terutama bagi para wanita. Salah satunya adalah dengan mengetahui mengenai seluk-beluk dari penyakit ini, termasuk pengetahuan mengenai gejala sipilis pada wanita.

Baca Juga :  sipilis menular

sipilis-pada-wanita-259x300 Waspadai Gejala Sipilis pada wanita

Gejala Sipilis pada Wanita

Berbicara tentang gejala, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tahapan dari penyakit sipilis. Penyakit ini memiliki tiga tahap, yang tahap pertamanya adalah pembentukan ulkus atau chancre. Chancre ini berkembang setiap 10 hingga 90 hari setelah tubuh terinfeksi dan gejala baru muncul umumnya pada hari ke 21. Dalam tahap ini, penyakit yang berhubungan dengan perut, semisal maag bisa memperparah infeksi. Meski begitu, jika ditangani dengan baik, Anda sebagai wanita yang terserang sipilis bisa disembuhkan hanya dalam waktu 3-6 minggu saja. Namun sayangnya, bila penyakit tersebut kambuh kembali atau tidak diobati, maka sipilis akan masuk ke tahap kedua, yaitu tahap sekunder. Sipilis sekunder berarti penyakit masuk ke keadaan sistemik, membuat organ-organ pasien benar-benar dilibatkan dalam proses infeksi maupun pengobatan dari penyakit ini. Oleh sebab itu, akan ada banyak gejala yang umumnya dirasakan oleh wanita. Misalnya saja yang paling umum adalah munculnya ruam pada kulit, terutama di bagian talapak tangan dan kaki. Ruam ini tidak gatal dan terkadang tidak dianggap, sehingga pasien merasa tidak terjadi apa-apa. Dalam keadaan lainnya, wanita yang terserang sipilis sekunder juga bisa saja mengalami sakit tenggorokan, rambut rontok, bercak pada beberapa bagian tubuh (terutama vagina, hidung, dan mulut), sakit kepala, hingga demam. Selain itu, biasanya akan muncul juga sebuah atau lebih lesi pada alat kelamin, yang bentuknya seperti kutil atau ruam kulit. Lesi ini sangat menular. Bahkan bisa ditularkan melalui kontak biasa. Meski begitu, jika Anda memiliki kutil pada kelamin, bisa jadi itu merupakan kutil biasa atau mungkin penyakit lain, semisal human papillomavirus. Setelah tahap sekunder terlewati, pasien bisa saja masuk ke tahap ketiga, yang dinamakan tahap laten atau tersier. Tahap ini 15 persen terjadi pada mereka penderita sipilis yang tidak diobati dan biasanya baru muncul setelah 10 hingga 20 tahun terkena infeksi. Sipilis tahap ketiga ini tidak menular umumnya, namun memiliki gejala yang cukup berbahaya.

Gejala Sipilis Tersier pada Wanita

Gejala pertama yang umumnya dialami oleh para wanita penderita sipilis pada tahap ketiga adalah masalah yang berhubungan dengan jantung, yang disebabkan oleh munculnya kapal besar yang abnormal (mengembung) pada aorta. Selain itu, pada beberapa organ tubuh juga akan muncul nodul besar atau biasa disebut dengan nama gumma.

Baca Juga :  faktor penyebab sipilis

Pada tahap yang lebih parah, pasien penderita sipilis juga akan mengalami penyakit-penyakit langka, semisal stroke, infeksi otak, meningitis, masalah mental, hingga neurosifilis (kelemahan). Penyakit ini juga akan merusak penglihatan, sehingga sulit bagi penderitanya untuk melihat. Selanjutnya melaju pada bagian pendengaran, hingga menyebabkan ketulian. Membuat hampir seluruh organ di dalam tubuh mengalami kerusakan dan ini merupakan tahap fatal dari penyakit sipilis.

Kesimpulan

Melihat betapa mengerikannya gejala sipilis pada wanita, melakukan pencegahan adalah jalan paling aman dan nyaman bagi setiap orang, bukan saja wanita, namun juga pria. Mempelajari berbagai gejalanya merupakan salah satu bentuk pencegahan tersebut. Tinggal Anda sebagai manusia yang siap siaga melawannya.

Baca Juga :  Gejala Penyakit Sipilis raja singa

Artikel tentang Sipilis

Inilah Bakteri penyebab sipilis Inilah Bakteri penyebab sipilis Inilah Bakteri penyebab sipilis - Sifilis adalah infeksi menular seksual yang kompleks (STI) yang disebabkan oleh bakteri Treponema ...
Mengenal apa itu sipilis Mengenal apa itu sipilis - Sifilis adalah infeksi menular seksual (IMS). Hal ini biasanya dimulai dengan ulkus menyakitkan pada alat kelamin. Ini bisa, bagaimanapun,...
Wajib baca inilah tanda tanda sipilis Wajib baca,inilah tanda tanda sipilis Wajib baca,inilah tanda tanda sipilis - Sifilis adalah infeksi menular dapat disembuhkan seksual (IMS). Hal ini disebabkan ole...
faktor penyebab sipilis faktor penyebab sipilis - Chlamydia adalah infeksi bakteri menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Ini adalah salah satu PMS yang paling ...