home

faktor penyebab sipilis

faktor penyebab sipilis – Chlamydia adalah infeksi bakteri menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Ini adalah salah satu PMS yang paling umum di dunia.
Di Kanada, sebagian besar kasus yang berusia 15-24, dan lebih dari dua kali lebih banyak kasus yang dilaporkan berasal dari perempuan daripada dari men.1 Data Awal tahun 2004 menunjukkan bahwa tingkat infeksi klamidia naik 74,2 persen 1997-2004. Pada tahun 2003, bahwa tingkat infeksi klamidia adalah sekitar 180 orang yang terinfeksi untuk setiap 100.000 orang.2
Bagaimana Anda mendapatkan klamidia?
Chlamydia dapat diteruskan dengan memiliki tanpa kondom oral, anal atau vaginal seks.
mencegah klamidia
Menggunakan kondom dapat membantu mencegah penyebaran klamidia. Kondom dan dental dam juga dapat digunakan untuk perlindungan selama seks oral.

faktor penyebab sipilis

faktor-penyebab-sipilis-300x169 faktor penyebab sipilis

gejala
bakteri Chlamydia dapat menginfeksi leher rahim, rektum atau uretra. Kadang-kadang, hal itu juga dapat menginfeksi tenggorokan setelah melakukan oral seks. Infeksi juga bisa menyebar ke mata dengan menyentuh area yang terinfeksi dan kemudian menyentuh mata. Di tempat-tempat di mana pengobatan tidak tersedia, infeksi mata ini bisa sangat serius dan dapat menyebabkan kebutaan.
Kebanyakan orang yang terinfeksi klamidia tidak akan memiliki gejala. Bagi mereka yang memiliki mereka, mereka biasanya muncul antara 2 hari sampai 2 minggu setelah tertular infeksi, tetapi dapat memakan waktu lebih lama. (baca juga : Obat untuk penyakit sipilis)Chlamydia biasanya lebih serius bagi perempuan daripada laki-laki, tetapi wanita juga kurang mungkin dibandingkan pria untuk memiliki gejala.

Bagi wanita, gejala mungkin termasuk:
terbakar saat buang air kecil
keputihan atau perubahan debit yang normal
perdarahan di antara siklus menstruasi, atau selama / setelah hubungan
peningkatan nyeri saat menstruasi atau selama hubungan seksual
perut atau nyeri punggung bawah
kadang-kadang menyebabkan demam dan menggigil
Untuk pria, gejala mungkin termasuk:

gatal penis
nyeri saat kencing
dalam beberapa kasus, ada juga mungkin sakit atau pembengkakan testis
sekitar setengah dari orang tidak akan memiliki gejala dan banyak akan memiliki gejala ringan saja
Untuk wanita dan pria, gejala infeksi dubur dapat mencakup:

Melepaskan
kemerahan
nyeri saat buang air
Rasa gatal
pengujian
Pengujian untuk klamidia dapat dilakukan dengan swabbing dari daerah yang terinfeksi (leher rahim, uretra, rektum) atau dengan sampel urine. Ingat, pengujian klamidia tidak termasuk dalam rutin tes Pap smear wanita.
Seorang profesional perawatan kesehatan dapat meminta informasi kontak dari pasangan seksual baru atau meminta Anda memberitahu mereka bahwa mereka membutuhkan pengujian.

Pengobatan
Infeksi klamidia dapat disembuhkan dengan antibiotik, biasanya dengan dosis tunggal.
Ikuti instruksi Anda profesional kesehatan ‘, dan, seperti dengan obat apapun, mengambil seperti yang diarahkan dan menyelesaikan seluruh durasi resep, bahkan jika gejala hilang.

Dampak jika tidak diobati
Pada wanita, klamidia dapat menyebabkan Penyakit radang panggul (PID), yang berarti bahwa infeksi telah menyebar ke organ reproduksi. Hal ini dapat menyebabkan infertilitas, nyeri panggul kronis dan kehamilan ektopik. Gejala PID dapat mencakup berbau busuk discharge dari vagina, tinggi demam atau nyeri otot.

Chlamydia juga dapat menyebabkan masalah hamil atau selama kehamilan, termasuk keguguran, kelahiran prematur dan berat lahir rendah. Kadang-kadang, infeksi dapat ditularkan dari ibu ke anak saat melahirkan, menyebabkan infeksi paru-paru atau mata atau bahkan pneumonia.
Untuk pria, klamidia kadang-kadang dapat menyebabkan pembengkakan prostat dan peradangan pada uretra dan epididimis. Dalam kasus yang sangat jarang, hal itu dapat menyebabkan kemandulan pada pria.
Dalam kasus yang jarang terjadi itu juga dapat menyebabkan Reiter Sindrom, yang menyebabkan gejala seperti ruam, luka dan nyeri sendi arthritis-seperti. Infeksi Chlamydia juga dapat meningkatkan kemungkinan penularan HIV.

Baca Juga :  Perbedaan sipilis dan kencing nanah

Apa yang harus memberitahu pasangan Anda
Seperti banyak infeksi menular seksual, banyak orang yang terinfeksi klamidia tidak memiliki gejala dan akan menyadari mereka terinfeksi.
Untuk alasan ini sangat penting untuk jujur ​​dengan pasangan Anda (s), dan juga harus jujur ​​dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang sejarah seksual Anda. Chlamydia dapat disembuhkan dengan antibiotik, tetapi dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang seperti ketidaksuburan jika tidak diobati.
Jelaskan kepada pasangan Anda apa yang pengujian dan pengobatan melibatkan, dan Anda mungkin ingin menawarkan untuk menemani mereka untuk dukungan.

Ketika saya bisa berhubungan seks lagi?
Tanyakan dokter Anda. Umumnya, itu akan aman untuk melakukan hubungan seks satu minggu setelah Anda dan pasangan Anda telah menyelesaikan seluruh durasi perawatan antibiotik, tersedia semua gejala telah menghilang. Anda dapat mendapatkan kembali klamidia segera setelah infeksi Anda telah sembuh.

Ingat, pasangan seks terbaru Anda (s) harus diuji, dan jika mereka juga terinfeksi, Anda akan harus menunggu sampai mereka selesai pengobatan dan telah sepenuhnya sembuh sebelum berhubungan seks.
Itu selalu ide yang baik untuk menggunakan kondom untuk mencegah IMS, tetapi mereka sangat penting setelah Anda atau pasangan telah dirawat karena IMS.

Gonorea
Apa gonore?
Gonore adalah Menular Seksual Infeksi bakteri. Hal ini disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Gonore juga dikenal sebagai “The Clap”.
Meskipun infeksi gonore adalah menurun, jumlah orang dengan infeksi gonore adalah pada kenaikan di Kanada. Bakteri juga menjadi resisten terhadap beberapa jenis antibiotik. Dari tahun 1997 hingga 2004 jumlah kasus yang dilaporkan dari gonorrhea hampir dua kali lipat di Kanada, naik 14,9-28,9 per 100,000.1

Bagaimana gonore menyebar?
Gonore menular melalui terlindungi oral seks, anal dan vaginal dengan orang yang terinfeksi. Hal ini juga dapat menyebar dari ibu yang terinfeksi kepada bayinya selama kelahiran.

mencegah gonore
Kondom dapat membantu mencegah penyebaran gonore selama seks anal atau vaginal, dan kondom atau dental dam dapat digunakan untuk perlindungan selama seks oral.

gejala
infeksi gonore dapat terjadi dalam rektum, penis, leher rahim atau tenggorokan.
Baik pria maupun wanita mungkin tidak memiliki gejala, dan kadang-kadang gejala wanita mungkin keliru untuk kandung kemih atau infeksi saluran kemih.
Ingat, orang yang terinfeksi yang tidak memiliki gejala yang terlihat masih dapat menularkan infeksi kepada orang lain.
Bagi mereka yang memiliki gejala, mereka biasanya muncul dalam waktu dua sampai tujuh hari infeksi, tetapi hal ini dapat memakan waktu hingga 30 hari. infeksi tenggorokan dapat menyebabkan sakit tenggorokan, meskipun gejala jarang terjadi.
Banyak wanita tidak memiliki gejala. Mereka yang memiliki gejala mungkin mengalami:

Terbakar saat buang air kecil
nyeri dubur, gatal, perdarahan pelepasan
perdarahan vagina atau nyeri
keputihan berwarna putih kekuningan
Beberapa orang mungkin memiliki gejala yang sangat ringan atau tidak ada gejala sama sekali. Mereka yang melakukan mungkin mengalami:

Discharge dari penis
Terbakar saat buang air kecil
Nyeri / testis bengkak
Gejala infeksi dubur dapat mencakup:

dubur debit, gatal-gatal atau perdarahan
buang air besar yang menyakitkan
pengujian
Untuk pria dan wanita, pengujian untuk gonore membutuhkan swabbing dari daerah yang terinfeksi atau sampel urin. Penting untuk diingat bahwa tes ini bukan bagian dari skrining tes pap rutin untuk kanker serviks.

Baca Juga :  Inilah Bakteri penyebab sipilis

metode pengobatan
antibiotik oral biasanya dapat menyembuhkan infeksi gonore hanya dalam satu dosis, tetapi dapat dibeli kembali segera setelah perawatan. Beberapa mungkin resisten terhadap antibiotik tertentu. mitra seksual Anda baru-baru ini juga harus diberitahu karena mungkin memerlukan pengujian dan / atau pengobatan.

Dampak jika tidak diobati
gonore tidak diobati dapat menyebabkan Penyakit radang panggul (PID) pada wanita, yang dapat menyebabkan nyeri panggul kronis, infertilitas dan kehamilan ektopik.

Sipilis
Apa sifilis?
Sifilis adalah IMS bakteri yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Hal ini umumnya STI sangat jarang, tetapi dapat menyebabkan kerusakan serius dan permanen untuk tubuh jika tidak sembuh. Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, terutama di mana pengobatan tidak tersedia, infeksi sifilis dapat menyebabkan kematian. infeksi sifilis sangat jarang di Kanada, namun jumlah kasus meningkat sangat cepat. Dari 1997-2004 tingkat naik 908%, dari 0,4 kasus per 100.000 orang menjadi 3,9 kasus per 100.000 orang. (1) kasus ini kebanyakan di antara laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki.

Bagaimana Anda mendapatkan sifilis?
Sifilis adalah infeksi menular seksual yang diteruskan melalui anal, vagina atau oral seks. Seorang wanita hamil yang terinfeksi juga dapat menyampaikan infeksi ke anaknya yang belum lahir.

mencegah sifilis
Cara terbaik untuk membantu mencegah sifilis adalah dengan berlatih praktik seks aman dengan menggunakan kondom setiap kali berhubungan seks. Kondom atau bendungan gigi dapat digunakan untuk perlindungan selama seks oral.

gejala
Infeksi Sifilis yang tidak diobati dapat berkembang melalui empat tahap: primer, sekunder, laten dan tersier. Hal ini paling menular di dua tahap pertama, dan melakukan yang paling bahaya selama tahap laten dan tersier. Sifilis menghasilkan berbagai macam gejala yang menyerupai penyakit lain. Untuk alasan ini telah menjadi dikenal sebagai “the great imitator”, dan sering sangat sulit untuk mendiagnosa.

Sifilis menghasilkan gejala yang berbeda pada setiap tahap infeksi. Namun, beberapa orang mungkin tidak mengalami gejala sama sekali selama beberapa tahap, dan lain-lain mungkin memiliki beberapa gejala dan bukan orang lain. Orang-orang ini dengan sedikit atau tanpa gejala masih menular, dan masih dapat berkembang menjadi tahap akhir dari infeksi Sifilis.

Sebagai seseorang berlangsung dari panggung ke panggung, gejala sifilis dapat pergi tanpa pengobatan. Ini tidak berarti bahwa infeksi itu hilang. Seseorang mungkin berpikir bahwa infeksi telah dibersihkan sendiri setelah gejala hilang, tetapi infeksi akan bertahan dan infeksi jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan serius dan permanen pada jantung, otak, tulang atau pembuluh darah.

Gejala Infeksi primer
Gejala utama dari sifilis primer adalah luka terbuka tunggal pada titik infeksi, biasanya pada alat kelamin, anus atau tenggorokan. sakit ini biasanya akan muncul Antara 10 sampai 90 hari setelah infeksi (21 hari rata-rata).
sakit ini akan sembuh secara spontan dalam 3-8 minggu, tetapi ini tidak berarti bahwa infeksi sifilis hilang atau bahwa orang tersebut tidak lagi menular. Karena sakit yang tidak menimbulkan rasa sakit dan menyembuhkan sendiri, beberapa orang mungkin tidak mencari pengobatan, dan bahkan mungkin melupakan sakit sekali setelah beberapa saat. Jika Anda mengembangkan sakit ini, sangat penting untuk mencari pengobatan.

obat-penyakit-sipilis-1-300x200 faktor penyebab sipilis

Gejala Infeksi sekunder
Gejala Sifilis sekunder umumnya terjadi tiga bulan setelah tertular infeksi. Mereka meniru gejala buang dan mungkin termasuk rambut rontok (termasuk alis dan bulu mata), otot dan nyeri sendi, ruam (terutama pada telapak tangan dan telapak kaki), dan demam dan kelenjar bengkak. Orang dengan sifilis sekunder juga secara umum merasa tidak enak badan dan Anda mungkin kehilangan berat badan.
Sekali lagi, gejala ini biasanya akan hilang sendiri, tapi ini tidak berarti bahwa orang tersebut tidak lagi terinfeksi atau bahwa mereka tidak bisa lagi menularkan infeksi kepada orang lain. Gejala sekunder biasanya berlangsung 3 sampai 12 minggu, tetapi dapat bertahan selama bertahun-tahun sampai infeksi bergerak ke tahap laten. Setelah di tahap laten, seseorang mungkin masih memiliki “kambuh” di mana gejala sekunder akan muncul kembali.

Baca Juga :  Mengenal apa itu sipilis

Gejala Infeksi laten
Setelah gejala primer dan sekunder menghilang, orang yang terinfeksi akan memasuki tahap laten sifilis, di mana mereka akan memiliki gejala. Namun, ini tidak berarti mereka tidak lagi terinfeksi, dan infeksi laten awal orang mungkin masih menularkan infeksi kepada orang lain. Selama ini, bakteri sifilis dapat terus berkembang biak dan menginfeksi tubuh. Seseorang dalam tahap laten kadang-kadang kembali ke gejala infeksi sekunder. Tahap laten ini dapat berlangsung selama satu tahun sampai 30 tahun.

Gejala Infeksi tersier
Sifilis tersier terjadi pada 40% dari orang yang terinfeksi tidak diobati. Tahap ini sangat merusak. Ini adalah tahap di mana kerusakan jangka panjang yang disebabkan oleh sifilis hasil bakteri di berbagai komplikasi kesehatan utama. Komplikasi ini dapat mencakup luka utama internal atau eksternal, masalah kesehatan jantung dan mental yang serius, dan kerusakan organ lain seperti mata dan telinga. Dalam beberapa kasus, komplikasi ini dapat menyebabkan kematian.

pengujian
pengujian sifilis dilakukan melalui tes darah, atau oleh swabbing dari sakit yang terinfeksi.

Pengobatan
Sifilis dapat disembuhkan dengan antibiotik. Ingat, seseorang bisa mendapatkan kembali infeksi sifilis, sehingga pasangan mereka (s) juga harus diuji.

Dampak jika tidak diobati
Diobati Sifilis dapat menyebabkan berpotensi mengancam kehidupan komplikasi, dan kerusakan permanen pada pembuluh otak, jantung, tulang, dan darah. Kadang-kadang, sifilis dapat menyebabkan gangguan mental atau masalah neurologis. Dalam kasus yang sangat jarang, infeksi sifilis yang tidak diobati bisa berakibat fatal. Sifilis dapat disembuhkan dengan antibiotik tapi seiring waktu itu dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kesehatan Anda, jadi penting untuk mendapatkan diuji untuk IMS jika Anda berada pada risiko tinggi atau jika Anda mengalami gejala-gejala.
Wanita hamil dapat melewati sifilis pada anak-anak mereka yang belum lahir, dan anak-anak yang terinfeksi sifilis pada saat lahir atau sebelum memiliki apa yang disebut sifilis kongenital. sifilis kongenital sangat serius, dan dapat menyebabkan komplikasi medis yang serius atau kematian.
Karena Sifilis dapat menyebabkan lesi dan luka pada alat kelamin atau anus, meningkatkan risiko penularan HIV.

Apa ini menular?
Sifilis adalah yang paling menular selama tahap primer dan sekunder, dan juga dapat menular selama tahap laten awal, terutama selama kambuh dengan gejala tahap sekunder.

Apa yang harus memberitahu pasangan Anda
Sifilis mudah diobati, tetapi semakin lama berjalan tidak diobati, yang lebih berbahaya dapat menyebabkan. Pasangan Anda akan perlu diuji dan / atau segera diobati. Hal ini sangat penting untuk bersikap jujur ​​dengan pasangan seksual Anda. Sebelumnya pasangan Anda (s) tahu mereka mungkin terinfeksi semakin besar kemungkinan mereka akan menghindari komplikasi kesehatan jangka panjang.

Demikianlah artikel tentang faktor penyebab sipilis. Semoga bermanfaat.

Jika ingin membutuhkan informasi tentang penyakit siplis dan bagaimana cara mengobatinya, silahkan kunjungi link di bawah ini :

Artikel tentang Sipilis

Macam macam penyakit sipilis Macam macam penyakit sipilisgang jie dan gho siahApakah Anda terkena gejala penyakit sipilis? Apakah Anda enggan berobat ke dokter penyakit kelamin? ...
Inilah Bakteri penyebab sipilis Inilah Bakteri penyebab sipilis Inilah Bakteri penyebab sipilis - Sifilis adalah infeksi menular seksual yang kompleks (STI) yang disebabkan oleh bakteri Treponema ...
Pengobatan herbal penyakit kelamin Pengobatan herbal penyakit kelamin - Sex Transfere Desease (STD) merupakan istilah dalam bahasa Inggris untuk penyakit menular akibat hubungan seksual atau yang bias...
Bintik bintik di kelamin pria Bintik bintik di kelamin pria - Penyebaran Infeksi Menular Seksual (IMS) lumayan mengkhawatirkan di Indonesia, baik dari type gonorchea ataupun sipilis. Sipilis yait...