home

Ciri ciri penyakit sipilis pada pria

Sifilis adalah infeksi menular seksual yang kompleks (STI) yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Episode penyakit aktif terjadi, diikuti oleh periode laten, ketika seseorang tetap terinfeksi tetapi tidak ada tanda-tanda atau gejala.
Awalnya sifilis muncul sebagai sakit tanpa rasa sakit (ulkus) di mana infeksi masuk (biasanya sekitar alat kelamin, anus atau mulut) dan mungkin tidak diketahui. sakit ini dikenal sebagai chancre dan fase ini dikenal sebagai sifilis primer.

Ciri-ciri-sipilis-pada-pria-300x183 Ciri ciri penyakit sipilis pada pria

ruam meluas dan ‘gejala flu muncul di samping (sifilis sekunder).
Jika tidak diobati, sifilis tersier dapat mengembangkan tahun kemudian dan menyebabkan berbagai masalah yang mempengaruhi otak, mata, jantung dan tulang.
Siapa yang berisiko sifilis dan bagaimana cara menyebar?
kasus yang dilaporkan sifilis telah meningkat di Selandia Baru selama beberapa tahun terakhir, khususnya di kalangan laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki (LSL).
Seksual orang yang aktif mungkin berisiko sifilis. Hal ini ditularkan dari orang ke orang melalui kontak langsung dengan luka sifilis atau darah yang terinfeksi melalui microtraumas selama hubungan seksual tanpa kondom. (baca juga : Apa saja tanda tanda sipilis)bisul sifilis yang paling umum pada alat kelamin dan daerah anal tetapi juga dapat ditemukan di bibir atau mulut. Oleh karena itu, vagina, anal atau oral seks adalah cara utama menularkan infeksi dari satu orang ke orang lain.

Ciri ciri penyakit sipilis pada pria

Sifilis juga dapat ditularkan melalui:
Produk yang terinfeksi misalnya transfusi darah, jika donor tidak disaring
Plasenta ke bayi yang belum lahir.
Jika seorang wanita hamil memiliki sifilis, hasil untuk bayinya tergantung pada tahap kehamilan dan penyakit, dan apakah pengobatan yang tepat diterima.
Pria dan wanita sama-sama beresiko sifilis. Puncak kejadian muncul antara usia 15 dan 34 tahun.

Apa saja tanda dan gejala sifilis?
Setelah terinfeksi ada masa inkubasi di mana saja 10-90 hari (rata-rata 21 hari) sebelum tanda-tanda menjadi jelas.
Fitur tahap
sifilis primer
Satu kecil perusahaan papul menyakitkan merah cepat ulserasi (chancre). Menyembuhkan dalam waktu 4-8 minggu tanpa pengobatan, dan dalam 1 sampai 2 minggu dengan perawatan yang tepat. Luka mungkin dalam vagina atau anus dan sering pergi tanpa diketahui.
pembesaran sepihak kelenjar getah bening dekat dengan ulkus berkembang sekitar 5 minggu setelah tertular. limfadenopati inguinal muncul pada pria dengan borok pada alat kelamin dan limfadenopati servikal pada pasien dengan ulkus di mulut. Jika ulkus sifilis terletak di vagina atau dubur, limfadenopati dapat hanya terdeteksi oleh pemeriksaan USG panggul.
Sifilis: chancre primer
sifilis sekunder
Pasien sangat menular selama tahap ini.
Jika tidak diobati atau pengobatan telah gagal, sekitar 3 minggu sampai 3 bulan setelah tahap 1, ruam kulit yang meluas terjadi.
Ruam mungkin halus atau muncul sebagai kasar, merah atau kemerahan papula coklat atau patch. Terjadi biasanya pada batang dan sering mempengaruhi telapak tangan dan telapak kaki. Mungkin keliru untuk kondisi lain. ruam tidak gatal. Hal ini dapat muncul lebih jelas dengan aktivitas fisik atau panas. Ini sembuh secara spontan dalam beberapa minggu tetapi dapat kambuh selama 2 tahun berikutnya.
rambut rontok tambal sulam.
permukaan mukosa baku dan merah seperti di dalam mulut, tenggorokan, area genital, vagina dan anus (patch lendir).
tonsilitis sepihak, yang mungkin ulserasi dan disertai dengan leher rahim pembesaran kelenjar getah bening. Dapat keliru untuk tonsilitis umum tetapi tidak menanggapi antibiotik oral biasa.
lembab keabu-putih mengangkat patch di selangkangan, paha bagian dalam, ketiak, atau di bawah payudara (kondiloma latum).
Gejala lain termasuk demam, kelelahan, nyeri otot dan sendi, sakit kepala dan pembengkakan kelenjar getah bening.
organ yang terkena dampak lain mungkin termasuk hati, ginjal, sistem saraf pusat (SSP), sendi dan mata (yang mengakibatkan gangguan penglihatan).
sifilis sekunder
Lebih banyak gambar dari sifilis …
Sifilis laten awal (pertama 2 tahun)
Pasien menular dan dapat menularkan infeksi tersebut kepada mitra.
Biasanya normal, mis. ada tanda-tanda pada pemeriksaan klinis.
infeksi terus ditemukan oleh tes antibodi treponema positif.
Sifilis laten (setelah 2 tahun)
Pasien adalah non-menular.
Biasanya normal, mis. ada tanda-tanda pada pemeriksaan klinis.
infeksi terus ditemukan oleh tes antibodi treponemal positif
sifilis tersier
Tanda dan gejala dapat mengembangkan 3 sampai 10 tahun setelah infeksi awal, dan sesuai dengan respon imunologi terhadap infeksi. Sifilis tersier sangat langka di negara-negara maju.
lesi granulomatosa soliter (gumma) dapat ditemukan pada kulit, di mulut dan tenggorokan atau terjadi pada tulang. nodul kecil atau besar atau borok dapat bertahan selama bertahun-tahun. Lesi kulit mungkin menyakitkan tapi gumma di tulang panjang menyebabkan rasa sakit yang membosankan dalam yang lebih buruk di malam hari.
Keterlibatan otak (neurosifilis) dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, penglihatan kabur, gangguan mental, kelumpuhan dan demensia (paresis umum). Hal ini terjadi 10-30 tahun setelah infeksi.
Hasil penyakit sumsum tulang belakang di jalan yang tidak mantap, gangguan kandung kemih, impotensi dan perubahan sensorik (tabes dorsalis) yang mengakibatkan sendi runtuh (sendi Charcot) dan ulkus kaki.
organ lain seperti jantung, pembuluh darah, mata, hati dan darah mungkin akan rusak oleh infeksi.
sifilis kongenital
sifilis kongenital dapat dicegah dengan pengobatan sebelum 16 minggu kehamilan.
Risiko untuk janin terbesar dengan awal sifilis ibu yang tidak diobati
lahir mati keguguran atau mungkin terjadi.
Dalam beberapa minggu pertama kehidupan, efek menyerupai sifilis sekunder termasuk lecet, bersisik ruam, patch lendir dan kondiloma latum (sangat menular).
Snuffles, tulang meradang, hati bengkak dan kelenjar getah bening yang umum.
Perubahan darah termasuk anemia, mengurangi trombosit, dan meningkatkan sel darah putih.
Sifilis kongenital sering mempengaruhi mata (interstitial keratitis), telinga, sendi dan SSP.
tanda-tanda karakteristik termasuk gigi Hutchinson, penampilan wajah yang khas dan membungkuk tulang kering saber.
Diagnosis gejala klinis sifilis

Baca Juga :  Macam macam penyakit sipilis

bisul
ulkus kelamin: herpes genital, trauma, kanker; dan kurang umum, TBC, chancroid
borok anal: herpes genital, fisura anal, infeksi bakteri, trauma, penyakit inflamasi usus
sariawan: herpes simpleks (sakit dingin), ulkus aftosa, trauma
Ruam
erupsi obat
pityriasis rosea
Psorias
Eksim / Dermatitis
Tes laboratorium untuk sifilis
Sifilis dapat dideteksi pada tahap infeksi awal dengan pemeriksaan mikroskop lapangan gelap jaringan atau jaringan cairan yang diambil dari ulkus primer (chancre) atau lata kondiloma.
Darah untuk tes serologis diperlukan untuk diagnosis. tes serologi berubah positif sekitar 5 sampai 6 minggu setelah memperoleh infeksi. Dalam beberapa kasus, cairan serebrospinal dapat diuji untuk mengkonfirmasi neurosifilis.
Non-spesifik non-treponemal tes misalnya cepat plasma reagin (RPR), laboratorium penelitian penyakit kelamin (VDRL)
Mungkin reaksi silang yang mengakibatkan tingkat rendah tes positif palsu selama kehamilan, infeksi lain, penyalahgunaan obat, penyakit jaringan ikat dan penuaan.

Baca Juga :  Gejala Penyakit Sipilis raja singa

obat-penyakit-sipilis-1-300x200 Ciri ciri penyakit sipilis pada pria

Tingkat biasanya berhubungan dengan aktivitas penyakit dan digunakan untuk memantau pengobatan.
Setelah pengobatan yang efektif sifilis, tes ini biasanya menjadi negatif, tetapi pada beberapa orang, mungkin tetap positif pada tingkat rendah
tes antibodi anti-treponemal spesifik misalnya Treponenam pallidum partikel aglutinasi assay (TPPA), enzyme immunoassay (EIA atau AIA), fluorescent penyerapan treponemal antibody (FTA-ABS), microhaemagglutination assay (MHA-TP) dan Western Blot (WB).
Ini mendeteksi antibodi akibat infeksi masa lalu atau sekarang dengan T. pallidum atau spesies Treponema lain (misalnya frambusia atau pinta).
Mereka tidak bisa membedakan antara berbagai jenis treponema infeksi misalnya frambusia atau sifilis atau durasi infeksi.
Kebanyakan orang dengan tes treponemal reaktif akan terus memiliki tes reaktif untuk sisa hidup mereka, terlepas dari pengobatan atau aktivitas penyakit.
Tes EIA kadang-kadang digunakan sebagai tes skrining, karena menghindari positif palsu ditemukan ketika RPR atau VDRL digunakan.
Biopsi kulit mungkin atau mungkin tidak menunjukkan fitur histopatologi karakteristik. pengujian molekuler menggunakan polymerase chain reaction (PCR) dapat mengkonfirmasi kehadiran materi genetik dari bakteri dalam borok, pada permukaan kulit, darah, kelenjar getah bening dan jaringan lainnya.

Baca Juga :  Apakah sipilis menular ?

Demikianlah artikel tentang Cari ciri penyakit sipilis pada pria. Semoga bermanfaat.

Jika ingin membutuhkan informasi tentang penyakit siplis dan bagaimana cara mengobatinya, silahkan kunjungi link di bawah ini :

Artikel tentang Sipilis

Cari obat untuk penyakit sipilis Cari obat untuk penyakit sipilis - Sifilis adalah infeksi menular seksual (IMS). Hal ini biasanya dimulai dengan ulkus menyakitkan pada alat kelamin. Ini bisa, bagai...
faktor penyebab sipilis faktor penyebab sipilis - Chlamydia adalah infeksi bakteri menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Ini adalah salah satu PMS yang paling ...
Bintik bintik di kelamin pria Bintik bintik di kelamin pria - Penyebaran Infeksi Menular Seksual (IMS) lumayan mengkhawatirkan di Indonesia, baik dari type gonorchea ataupun sipilis. Sipilis yait...
Gejala Sipilis pada Pria Gejala Sipilis pada Pria - Ada banyak penyakit yang bisa ditularkan karena hubungan seksual atau hubungan bebas jenis lainnya. Para ahli medis biasa menamainya denga...